Kaos Palestina-Donald Trump Mengundang Presiden Palestina

Donald Trump Mengundang Presiden Palestina

Berita Palestina Lainnya

Donald Trump mengundang Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk berkunjung ke Gedung Putih Amerika Serikat.


Undangan itu, menurut juru bicara Trump, Sean Spicer, disampaikan melalui percakapan telepon pada Jumat (10/03/17) waktu Washington DC.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah mengundang Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, untuk mengunjungi Gedung Putih "dalam waktu dekat".

Sebagaimana dikutip kantor berita Reuters , juru bicara Mahmoud Abbas, Nabil Abu Rdainah, mengatakan juga bahwa Trump mengundang pemimpin Palestina itu untuk berdiskusi mengenai cara menghidupkan kembali perundingan damai dengan Israel.


"Presiden Trump telah memperluas undangan resminya kepada Presiden Abbas untuk segera mengunjungi Gedung Putih guna merundingkan cara menyelesaikan proses politik sehingga menekankan komitmennya kepada proses perdamaian yang akan mengantarkan kepada perdamaian sejati antara Palestina dan Israel," kata Nabil Abu Rdainah.

Abu Rdainah menuturkan, Pemerintah Palestina mengkhawatirkan pendekatan lebih menguntungkan bagi Israel, seperti yang diperlihatkan Washington terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sejak Trump menjadi presiden."Presiden Abbas merasa terganggu dengan berkembangnya rumor bahwa komitmen untuk menciptakan perdamaian antara Palestina dan Israel bisa terganggu karena pertemuan tersebut,” katanya.

Dalam percakapan itu, kata Rdainah, Trump menekankan "komitmennya untuk proses perdamaian yang berujung pada perdamaian sebenarnya antara rakyat Palestina dan rakyat Israel."

Sebelum percakapan melalui telepon berlangsung, sejumlah pejabat Palestina mengisyaratkan bahwa Abbas akan menekankan kekhawatirannya terkait pembangunan permukiman oleh Israel di tanah yang diduduki Israel serta perlunya penyelesaian dua-negara dalam konflik Palestina-Israel.


Pekan ini, Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley untuk pertama kalinya bertemu dan berbicara dengan utusan Palestina untuk PBB, Riyad Mansour. Usai pembicaraan digelar, Haley menyatakan Palestina harus bertemu dengan Israel dalam perundingan langsung daripada hanya mengandalkan mediasi PBB.

Sejak lama, Israel memang mendukung dilakukannya perundingan langsung dengan Palestina. Namun Palestina bersikeras pihaknya membutuhkan komunitas internasional untuk memastikan Israel mematuhi janjinya.

Trump sendiri telah menerima kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih pada pertengahan Februari lalu. Dalam pertemuan itu, Trump mendobrak kebijakan AS selama beberapa dekade terakhir dengan menyatakan dirinya tidak terikat pada solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel.

Anda baru membaca Berita Palestina dengan judul Donald Trump Mengundang Presiden Palestina. Follow Instagram Kami di @KaosPalestina untuk mendapatkan informasi seputar berita palestina.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar