Kaos Palestina-Janji saya sumpah saya dan darah saya adalah Palestina

Janji saya sumpah saya dan darah saya adalah Palestina

Berita Palestina Lainnya

Janji saya, sumpah saya dan darah saya adalah Palestina. Bait lagu yang dinyanyikan Yaqoub Shaheen ketika memenangi acara Arab Idol.



Ribuan rakyat Palestina di Tepu Barat dan Jalur Gaza Palestina turun ke jalan jalan untuk merayakan kemenangan wakil Palestina di Ajang bergengsi Timur Tengah.

Yaqoub Shaheen, seorang pemuda Palestina yang memenangkan kontes “Arab Idol” pada Sabtu (25/2/2017).



Dia berhasil mengobarkan semangat rakyat di negaranya setelah melantukan lagu patriotik. Ribuan rakyat Palestina di Tepi Barat dan Gaza menyambut kemenangan pemuda itu dengan turun ke jalan.

Kontes menyanyi itu telah menjadi acara yang sangat populer di Timur Tengah. Kontes itu disiarkan stasiun televisi MBC1 yang berbasis di Dubai.

Shaheen dalam kontes itu mengalahkan kontestan asal Yaman Ammar Mohammed dan kontestan lain; Ameer Dandan, asal Majd al-Krum, Israel namun tercatat sebagai penduduk di Amerika Serikat.

Pada final, ia bersaing dengan peserta asal Yaman, Ammar Mohammed dan wakil Palestina lainnya Ameer Dandan dari Kota Majd Al Krum Israel.

Setelah dinobatkan sebagai pemenang, Shaheen melantunkan sebuah lagu patriotik sambil melekatkan bendera Palestina di pundaknya.

”Janji saya, sumpah saya dan darah saya adalah Palestina,” bunyi penggalan lagu yang dilantunkan Shaheen, seperti dikutip Reuters, Minggu (26/2/2017).

Di Gaza dan di Tepi Barat, ribuan orang juga memadati restoran dan kedai kopi di jalan-jalan untuk menyaksikan langsung final kontes menyanyi tersebut.

“Ini adalah hari nasional. Sebuah hari bersejarah nasional untuk Palestina,” kata Mohammed Abu Ali, 40, warga Palestina yang duduk bersama istri dan tiga anak di sebuah kafe di Gaza saat menonton final “Arab Idol”.



Keriuhan pun terasa dimana saat menonton pertunjukan di depan umum memeluk satu sama lain, bersorak dan bersiul saat Shaheen dinobatkan sebagai juara Arab Idol 2017. Puluhan sopir taksi yang berada di jalan-jalan di Gaza membunyikan klakson mereka dan memainkan beberapa lagu yang dilantunkan oleh penyanyi tersebut selama program yang panjang tersebut.

Ketika Shaheen diumumkan sebagai pemenang, banyak orang yang menonton bersama di layar lebar saling memeluk satu sama lain. Mereka bersorak dan bersiul untuk menyambut Shaheen sebagai juara “Arab Idol 2017”.

Puluhan sopir taksi juga konvoi di jalan-jalan di Gaza dengan membunyikan klakson. Beberapa dari mereka juga melantunkan lagu yang dinyanyikan para finalis.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang berada di Libanon untuk kunjungan resmi, juga ikut berbagi kebahagiaan atas kemenangan warganya.

Abu Ali, pria Palestina yang merayakan kemenangan Shaheen di Gaza menyebut kemenangan warga Palestina itu juga membangkitkan semangat politik. ”Ada wajah kemenangan, politik dan musik. Hari ini adalah musik, tapi kami berharap suatu hari kita akan memiliki kemenangan politik,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Jumat (24/2), malam pertama final, petinggi delegasi Palestina yang dipimpin putra presiden menghadiri acara di studio MBC di Beirut, Lebanon Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang juga di Lebanon untuk kunjungan resmi, menjamu tiga finalis di kediaman kedutaannya.



Anda baru membaca Berita Palestina dengan judul Janji saya sumpah saya dan darah saya adalah Palestina. Follow Instagram Kami di @KaosPalestina untuk mendapatkan informasi seputar berita palestina.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar