Kaos Palestina-Yasser Arafat Presiden Pertama Palestina jadi Nama Jalan di Israel

Yasser Arafat Presiden Pertama Palestina jadi Nama Jalan di Israel

Berita Palestina Lainnya

Salah satu jalan di kota Jatt Israel mempunyai nama Yasser Arafat Presiden Pertama Palestina dan hal itu membuat Presiden Zionis Israel marah Besar.



PM Israel Benyamin Netanyahu, Minggu (5/3/2017), menegaskan, dia tak akan pernah mengizinkan nama Yasser Arafat diabadikan menjadi nama sebuah jalan.

"Kita tak bisa membiarkan sebuah ruas jalan di Israel dinamai Yasser Arafat atau nama pembunuh bangsa Israel lainnya," kata Netanyahu saat memulai rapat kabinet.

"Kita akan membuat sebuah cara, aturan baru jika perlu, sehingga hal seperti ini tak akan terjadi," tambah dia.

Kota Jatt di Israel terpaksa menghapus salah satu nama jalannya. Pemerintah kota tersebut mau tak mau mencari nama baru untuk jalan tersebut setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu marah besar mengetahui ada nama Yasser Arafat di tanah kelahirannya.


Bagi Netanyahu, presiden pertama Palestina itu adalah pembunuh warga Israel dan warga Yahudi. Netanyahu pada Sabtu pekan lalu mengatakan jalan-jalan di Israel tidak dapat dinamai dengan nama dari sosok pembunuh warga Israel dan Yahudi .

Sementara bagi banyak warga Palestina, sosok Arafat adalah ikon pejuang kemerdekaan. Sebaliknya di Tel Aviv, dia dianggap sebagai musuh besar bahkan kerap dijuluki sebagai teroris . Saya tidak bisa menerima ini, dan menyebut jalan itu dengan Yasser Arafat sama sekali bukan hal yang baik, kata Netanyahu, seperti dikutip dari BBC, Selasa (7/3/2017).

Sementara itu, Wali Kota Jatt Mohammed Taher Wattab mempertahankan keputusan menggunakan nama Yasser Arafat itu.



"Yasser Arafat menandatangani kesepakatan damai dengan Israel dan sungguh memalukan jika perdana menteri menghabiskan waktunya hanya untuk mengurus nama jalan di kota kecil kami ini," ujar Wattab kepada radio AD Israel.

"Kami akan bertindak sesuai dengan hukum, sesuai dengan nasihat hukum yang kami peroleh," tambah Wattab.

Arafat adalah pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) selama 35 tahun. Gerakan ini bersumpah untuk menghancurkan Israel dan melakukan banyak serangan mematikan. Arafat kemudian meninggalkan kekerasan dan memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian bersama dengan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin. Selain Arafat dan Rabin, Menteri Luar Negeri Israel Shimon Peres pada 1994 juga meraih penghargaan yang sama karena menyetujui perjanjian perdamaian Israel dan Palestina.

Namun banyak warga Israel menganggap Arafat sebagai sosok yang bertanggung jawab atas serangan para militan Palestina selama Intifada kedua Palestina yang dimulai pada 2000. Arafat menjadi Presiden Palestina periode 1994-2004. Setelah itu, dia jatuh sakit di kompleks kantornya di Ramallah. Dia meninggal di rumah sakit di Prancis beberapa pekan kemudian, saat usianya mencapai 75 tahun.



Anda baru membaca Berita Palestina dengan judul Yasser Arafat Presiden Pertama Palestina jadi Nama Jalan di Israel. Follow Instagram Kami di @KaosPalestina untuk mendapatkan informasi seputar berita palestina.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar